Ini Cara PTN Menyeleksi Mahasiswa Baru Selasa, 27 Mei 2014 11:12 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Posted by Unknown Selasa, 27 Mei 2014 0 komentar
PTN menggunakan nilai rapor dan hasil UN murni sebagai pertimbangan dalam SNMPTN 2014. (Foto: dok. Okezone)
JAKARTA - Bekal utama siswa dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah nilai rapor dan prestasi lainnya. Sebab, PTN menjadikan kedua hal tersebut sebagai bahan pertimbangan seleksi. 

Ketua Panitia SNMPTN 2014 Ganjar Kurnia memaparkan, proses seleksi menggunakan tiga indikator utama, yakni indeks sekolah, evaluasi rapor dan prestasi lainnya serta kelulusan ujian nasional (UN) dan nilai murni UN. 

"Meski demikian, formulasi seleksi di tiap kampus berbeda-beda, tergantung kebijakan PTN masing-masing. Ada yang langsung menambahkan ketiga unsur tadi, ada yang memakai persentase, ada juga yang melihat perbandingan input tahun lalu dengan tahun ini, dan sebagainya," ujar Ganjar pada jumpa pers hasil SNMPTN 2014 di Kemendikbud, belum lama ini.  

Misalnya di Universitas Diponegoro (Undip). Dikutip dari keterangan tertulis Undip kepada Okezone, Selasa (27/5/2014), kriteria pertama penentuan kelulusan di kampus tersebut memperhitungkan indeks siswa. Menurut Rektor Undip Sudharto P Hadi, indeks siswa meliputi rata-rata nilai rapor, rata-rata selisih nilai dan kriteria kelulusan minimal (KKM), nilai mata pelajaran yang relevan dengan program studi pilihan dan prestasi non akademik. 

"Undip juga memperhitungkan rata-rata nilai ujian nasional murni dan peringkat siswa semester satu sampai dengan lima," kata Sudharto.  

Selain itu, faktor pertimbangan lainnya adalah indeks sekolah yang meliputi akreditasi sekolah dan rata-rata skor Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sekolah tiga tahun terakhir.  

"Selain itu, kami juga melihat indeks prestasi rata-rata mahasiswa alumni dari sekolah yang kuliah di Undip," imbuhnya. 

Sementara itu, menurut Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto, seleksi ini sangat adil dan terbuka bagi seluruh siswa di Indonesia. 

"Seleksi berdasarkan nilai rapor sangat efektif," ujar Herry.  (rfa)


Sumber : okezone
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ini Cara PTN Menyeleksi Mahasiswa Baru Selasa, 27 Mei 2014 11:12 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rianfauziah7.blogspot.com/2014/05/ini-cara-ptn-menyeleksi-mahasiswa-baru.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by Rian Fauziah7 | Copyright of Catatan Remaja Jelek.